Aneka Taman Indah di Karangasem, Bali

Provinsi Bali, Indonesia tak hanya memiliki pantai yang indah saja ternyata terdapat aneka taman yang patut wisatawan kunjungi ke eksotisannya. Banyak wisatawan baik itu wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Bali untuk menikmati indahnya pantai.

Tapi bagi Anda yang sudah sering melihat pantai di Bali, dan ingin tempat yang berbeda, Traveler juga bisa sekali-kali pergi ke Bali bagian timur, tepatnya di daerah Karangasem. Daerah Karangasem bisa ditempuh sekitar dua jam lebih dengan menggunakan kendaraan mobil.

Istana Air Taman Tirta Gangga di Karangasem, Bali



Di sana, Anda bisa mengunjungi sebuah objek wisata berupa pemandian yaitu Taman Tirta Gangga. Taman Tirta gangga dahulunya merupakan istana air yang dibuat oleh Raja Karangasem waktu itu. Di sana Anda bisa melihat kolam-kolam yang indah dengan hiasan patung-patung dan yang dipenuhi oleh banyak ikan mas. Di dalam Taman juga terdapat kolam pemandian dan air mancur, dimana para pengunjung juga dibolehkan untuk mandi.

Tirta yang berarti Air Suci dan Gangga (sungai suci di India) ini dibangun pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem dan sempat mengalami kehancuran pada tahun 1963 karena letusan Gunung Agung. Akhirnya dibangun kembali oleh pemerintah dan di peruntukan sebagai lokasi wisata.

Tirta Gangga ini mengadapatasi arsitektur dari tiga budaya, antara lain perpaduan budaya Hindu, China, dan Eropa yang melebur dengan taman hijau dan kolam yang penuh berisi ikan-ikan. Salah satu contohnya adalah jembatan di kiri kanan kolam yang mengadaptasi 3 unsur sekaligus. 

Di dalam area Tirta Gangga juga terdapat resort berkelas bagi yang ingin tinggal lebih lama di Tirta Gangga. Kabar gembira juga untuk yang ingin melangsungkan foto pre-wedding dikelilingi ribuan lilin yang mengambang di atas kolam, Tirta Gangga menyediakan paket foto di sini dengan pemandangan alam, arsitektur, dan dekorasi yang sangat indah.

Dua Air Terjun di Karangasem, Bali



Ada dua air terjun yang dapat anda kunjungi sekaligus dalam satu lokasi letaknya di Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Ada Air Terjun Yeh Labuh dan Tibu Kresek. Letaknya tak jauh dari objek wisata Candidasa.

Air terjun yang pertama kali ditemui adalah Yeh Labuh. Masyarakat sangat mengenal air terjun ini, namun tak banyak yang tahu kalau-kalau di atasnya juga ada air terjun. Sejenis air terjun bertingkat kalau bisa dibilang.

Inilah yang dimaksud 'Hidden Waterfall' karena letaknya yang tersembunyi (benar-benar tak terlihat) dan akses menuju air terjun yang satu ini cukuplah sulit. Orang-orang setempat biasa menyebutnya Air Terjun Tibu Kresek.

Wisata air terjun di Desa Selumbung masih terbilang belum tersentuh dan masih alami. Tapi traveler tetap harus peduli lingkungan dan ikut memelihara alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Taman Ujung Soekasada



Di daerah Kuta, Bali terdapat rekreasi taman yang indah adalah Taman Ujung Soekasada di Karangasem. Kecantikan arsitekturnya sungguh luar biasa. Taman Ujung Soekasada ini dibangun  pada Tahun 1919. Ini merupakan taman air kerajaan atau biasa disebut The Water Palace. Arsitektur bangunannya yang merupakan perpaduan antara Bali dan Eropa ini, dahulu merupakan tempat peristirahatan Raja Karangasem. Sekaligus juga tempat menjamu dan menyambut tamu-tamu penting seperti raja-raja.

Pantai Cantik Berpasir Putih Bak Bidadari



Di daerah Karangasem yang terletak di sebelah Timur, Pulau Bali adalah salah satu tujuan wisata favorit. Selain memiliki taman juga ada pantai nan cantik berpasir putih bak Bidadari. Namanya Pantai Perasi juga merupakan tipikal pantai idaman dengan pasir putih serta air laut yang jernih. Meski hampir semua pantai di Bali memiliki pasir berwarna putih, namun di Pantai Perasi ini suasanya agak berbeda. Itulah sebabnya kenapa pantai ini juga sering disebut sebagai White Sand Beach alias Pantai Pasir Putih.

Belum Puas Baca Lagi dan Jangan Lupa Share:

Belum ada tanggapan untuk "Aneka Taman Indah di Karangasem, Bali"

Post a Comment