Tentang Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo merupakan kepulauan salah satu kepulauan Indonesia yang memiliki keindahan serta sajarah yang dihuni oleh binatang purba Komodo. Kepulauan ini terletak di wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Kepuauan Komodo juga sudah ditetapkan oleh pemerintah sejak dahulu kala sebagai Taman Nasional Indonesia.


Tentang Taman Nasional Komodo


Selain itu juga, Pulau Komodo kawasan ini ditetapkan sebagai Taman Nasional Komodo pada tanggal 6 Maret 1980 dan dinyatakan sebagai Cagar Manusia dan Biosfer pada tahun 1977 sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, sebagai Simbol Nasional oleh Presiden RI pada tahun 1992, sebagai Kawasan Perlindungan Laut di tahun 2000 dan juga sebagai salah satu Taman Nasional Model di Indonesia pada tahun 2006.




Taman Nasional Pulau Komodo terdiri dari tiga pulau utama yang memiliki keeksotisan alam yang masih terjaga, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Sebesar 603 km2 sisanya adalah pulau-pulau kecil. Apabila ditotal, luas Taman Nasional Pulau Komodo mencapai 1917 km2.

Ada binatang apa di Pulau Komodo?

Komodo salah satu jenis hewan peninggalan jaman purba kala, binatang ini sejenis reptil bentuknya seperti kadal raksasa di kategorikan sebagai pemakan daging atau (karnivora). Komodo memiliki nama ilmiahnya Varanus Komoedensis. Komodo memiliki tubuh yang besar dan panjang mencapai 2 – 3 meter dengan berat 100 – 165 kg. Selain itu binatang lain penghuni Pulau Komodo adalah babi, kuda, rusa, musang, kerbau dan beruk.

Berwisata Di Pulau Komodo dengan keindahannya


Snorkeling




Taman Nasional Komodo memiliki keindahan alam di bawah laut. Bila anda ingin berlibur untuk snorkeling, sini kita bisa melihat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia. Selain itu, buat kita yang hobi snorkeling, di sini juga surganya ikan dan terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu, 70 spesies sponge, dan 1.000 spesies ikan. Di sanalah tempat hidup dugong, hiu, 14 jenis paus, lumba-lumba, dan kura-kura.

Trakking


Salah satu cara untuk menikmati pulau ini adalah dengan melakukan trekking. Anda bisa melihat binatang-binatang tersebut saat trekking di Pulau Komodo. Saat trekking, Anda akan diajak mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Anda juga akan melewati Water Hole yang merupakan tempat minum dan beristirahat komodo. Anda bisa melihat komodo-komodo yanng sedang minum atau berteduh di bawah pohon di sekitarnya.

Ada empat jalur trekking yang bisa Anda pilih, mulai dari short, medium, long sampai adventure. Panjangnya jalur trekking ini adalah 1 – 8 km tergantung jenis yang Anda pilih. Jika memilih long dan adventure, Anda akan diajak melewati hutan, sungai dan perbukitan yang indah. Sedangkan untuk short, perjalanan akan berakhir di atas perbukitan dengan pemandangan teluk yang mengagumkan. Namun, keempat jalur trekking tersebut akan melewati Water Hole sehingga Anda tak perlu bingung memilih jalur yang mana.

Pantai Pink Yang Indah




Kalau biasanya kita bermain di pantai yang berpasir cokelat atau putih, kali ini kita akan menemukan pantai dengan pasir berwarna pink! Hanya ada 7 buah pantai berpasir pink di dunia ini, salah satunya di Pulau Komodo. Pasir pink ini berkat campuran pasir putih dan merah. Warna merah sendiri konon katanya berasal dari serpihan koral merah yang hancur. Yang jelas, pantai ini masih sangat bersih dan indah.

Belum Puas Baca Lagi dan Jangan Lupa Share:

Belum ada tanggapan untuk "Tentang Taman Nasional Komodo"

Post a Comment