Tentang Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan salah satu pulau tersembunyi di laut Jawa yang pantas disebut sebagai surga tersembunyi. Karimunjawa terletak di daerah kecamatan karimunjawa Kabupaten Jepara, provinsi Jawa Tengah. Karimunjawa yang dikembangkan oleh pemerintah setempat menjadi obyek pariwisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.


Tentang Karimunjawa


Sumber:Wikipedia

Di sekitar kepulauan Karimun Jawa terdapat pulau-pulau terpencil yang akan membuat kalian serasa memiliki private beach. Tanpa perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar, dengan kocek sebesar 600 ribuan, kalian sudah bisa berkunjung ke pulau ini.  Untuk mengunjungi pulau ini kamu perlu menyeberang dari pelabuhan Jepara.

Kepulauan Karimun Jawa merupakan suatu dataran rendah pantai yang ditumbuhi oleh hutan mangrove yang masih asri dan dijaga kelestarian lingkungannya. Karimun Jawa memiliki sejuta keindahan dari pantai berpasir putih dan sangat landai menjorok ke tengah laut. Fringing reefs mengelilingi pulau-pulau tersebut dan menyebabkan pantai terlindung dari hempasan gelombang.

Sumber gambar: blog[dot]hicity[dot]co[dot]id

Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.  Kondisi alam yang menajubkan serta keramah tamahan penduduk di Karimunjawa menjadikan banyak pengunjung yang semakin hari bertambah.

Sumber gambar: tripbebas[dot]wordpress[dot]com

Tumbuhan yang menjadi ciri khas Taman Nasional Karimun Jawa yaitu dewadaru (Crystocalyx macrophyla) yang terdapat pada hutan hujan dataran rendah. Ombak di Karimunjawa tergolong rendah dan sangat cocok untuk bersantai ria, dengan dibatasi oleh pantai yang kebanyakan adalah pantai pasir putih halus.

Julukan Caribbean van Java


Keindahan Kepulauan Karimunjawa keindahanya seperti di Karibia. Karimunjawa mempunyai kesamaan lain dengan Karibia yaitu terdiri dari beberapa pulau kecil, oleh karena itu orang Belanda jaman dulu memberi julukan pada Karimun Jawa sebagai Caribbean van Java.

Kegiatan Berlibur di Karimun Jawa


  1. Terdapat penangkaran hiu yang kita bisa berenang di situ
  2. Terdapat penginapan di atas laut (Wisma Apung)
  3. Keramahan penduduk setempat yang tidak begitu mementingkan materi
  4. Olah raga selam atau Diving
  5. Mandi di Pantai dan Berjemur, cocok dilakukan di Pulau Menjangan Besar yang berpasir putih dan Pulau Cemara Kecil
  6. Snorkeling, di berbagai spot yang memberikan pemandangan bawah laut yang mengagumkan.
  7. Memancing, para hobiist mancing dapat menyalurkan hobinya dengan menyewa kapal.
  8. Glass bottom boat, bagi yang tidak bisa berenang bisa menikmati keindahan bawah laut dng glass bottom boat.
  9. Jetski dan banana boat, bagi yang menyukai olah raga air ini, dapat melakukannya di karimunjawa.
  10. Penangkaran ikan hiu, mencoba merasakan fear factor disini, bercanda dengan hiu.
  11. Berperahu mengunjungi pulau-pulau, banyaknya pulau-pulau yang indah, dapat anda kunjungi dengan menggunakan perahu.
  12. Melihat sunset karimun jawa merupakan salah satu hal yang biasa dikejar oleh photographer. Jangan khawatir, di Karimunjawa kalian juga bisa hunting sunset atau matahari terbenam yang tentunya bakalan indah banget.
Sumber gambar: timertl[dot]tumblr[dot]com

Info alamat : Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah 59455

Belum Puas Baca Lagi dan Jangan Lupa Share:

Belum ada tanggapan untuk "Tentang Karimun Jawa"

Post a Comment